KADER POSYANDU ARUMSARI 06 & 07 MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMERIKSAAN DAN SOSIALISASI JENTIK-JENTIK SEKALIGUS PEMBERIAN ABATE BERSAMA MAHASISWA KKN KELOMPOK 51 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

  • Jan 31, 2023
  • Mustafid, SE

Mahasiswa KKN Desa Kembangarum bersama kader posyandu Kembangarum melaksanakan pemeriksaan dan sosialisasi jentik-jentik. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 28 Januari 2023. Pemeriksaan dan sosialisasi jentik-jentik dilakukan sebagai imbauan dan pengingat kepada masyarakat sekitar agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar, terlebih tempat atau wadah air dan memiliki genangan. Hal tersebut dapat memicu timbulnya jentik-jentik dan wabah DBD.

Pemeriksaan dan sosialisasi dilakukan dengan mendatangi rumah warga dan memeriksa tempat atau genangan air dengan menggunakan senter. Jika tempat atau genangan tersebut terdeteksi dan terdapat jentik-jentik, mahasiswa beserta kader posyandu akan memberikan abate yang berfung untuk mengendalikan larva nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, mahasiswa dan kader juga memberikan masukan serta saran agar tetap dan selalu menjadi keberasihan lingkungan, terlebih untuk-tempat-tempat air atau genangan.

Berdasarkan survei yang dilakukan disetiap rumah, terdapat 16 kasus dengan status positif jentik-jentik. Tindak lanjut bagi rumah yang berstatus positif memiliki jentik-jentik, yaitu dengan mengingatkan mengenai 3M (menguras, mengubur, dan menutup), serta memberikan informasi mengenai dampak yang terjadi jika tidak dapat menjaga lingkungan rumah maupun lingkungan sekitar dari bahaya wabah DBD.